Thursday, August 21, 2008

Tips Sukses Berpuasa Ramadhan

1. Siapkan ruh keimanan, yang akan mengukuhkan niat
2. Bekali dengan ilmu, untuk mengukuhkan keimanan dan sebagai dasar ibadah
3. Buat target ibadah , agar aktivitas ramadhan terarah
4. Jangan disibukkan dengan duniawi, yang akan mengabaikan akhirat
5. Banyak-banyak berdzikir, dengan hati, pikiran dan perbuatan
6. Jelang waktu berbuka puasa dengan kegiatan yang bermanfaat.


Keterangan:

Pernah dengar tentang hadist, bahwa sesungguhnya setiap perbuatan itu tergantung niatnya? , Nah untuk mendapatkan niat yang baik dan lurus, maka keimanan kita juga harus ditingkatkan. Dengan meningkatkan keimanan, maka niat kita akan semakin mantap.

Bagaimanakah cara meningkatkan keimanan? Salah satunya bisa didapat dari Ilmu. Dengan ilmu , keimanan kitapun semakin mantap. Disamping itu pula , dengan ilmu kita menjadi benar dalam beribadah sesuai dengan contoh Rasulullah saw.

Jika kita tidak membuat target ibadah, maka bisa dipastikan kita melewati bulan ramadhan ini dengan tanpa "usaha keras" mewujudkan target-target ibadah itu. Maka, jadikan target ibadah yang anda buat sebagai pamacu dalam beribadah. Ingat, kita belum tentu akan bertemu dengan Ramadhan tahun depan. Fastabiqul Khoirot yuk! berlomba-lomba dalam kebaikan

Kata Orang tua, Jangan bermain api jika tidak ingin kena asapnya. Jadi, jangan "ceburkan" diri kita pada hal-hal duniawi, apapun kegiatan itu. Maka hati-hatilah

Kata NAbi kita, berapa banyak orang yang berpuasa namun tidak mendapatkan apa-apa kecuali lapar dan dahaganya saja. Karena itu, agar kita terhindar dari dengki, amarah, hasut dan berbagai penyakit hati lainnya, kita mesti banyak-banyak berdzikir dan berdoa kepada Allah agar Allah melindungi puasa kita dan juga diri kita.

Isi kegiatan menjelang berbukan puasa dengan kegiatan bermanfaat seperti, mendengarkan ceramah, mengaji, saling menasehati antara anggota keluarga, bercerita hikmah ramadhan dan masih banyak lagi.


Selamat Menjalankan Ibadah Puasa

No comments: