Saturday, October 24, 2009

Tips Berbelanja Hemat, Cermat dan manfaat.

Anda suka berbelanja?

:)

Saya yakin, sebagian dari kita ibu-ibu ataupun wanita pada umumnya suka melakukan aktivitas ini. Yang membedakan adalah skala antara "hasrat" dan "kebutuhan". Ada yg mnjadikan sebagai hobi, ad juga yang sekedar memenuhi kebutuhan hidup. Apapun tipe belanja anda, sebaiknya simak tips ini agar anda lebih hemat, cermat dan cerdas dalam mmbelanjakan uang anda. Tips berikut ini adalah tips berbelanja untuk menyelamatkan kantong anda dari kebocoran atau setidakny membuat anda lebih pintar dalam mmbelanjakan uang anda.

Sebelum Berbelanja :
1. Cek kebutuhan yang diperlukan.
2. Buat daftar belanjaan
3. Tentukan budget.

Saat ditempat belanja :
Langsung ke tempat rak tujuan . Tujuannya adalah untuk menghemat waktu anda. Catatan sudah anda pegang. Anda tidak punya waktu untuk skdar mlihat barang baru, biG Sale dll. Jangan2, dana belanja utama anda hbis tersedot untk brng2 yg sebenarny belum tentu anda butuhkan. Selesaikn dulu tugas utama blanja kebutuhan anda.

Sesudah belanja: Pakai "kaca mata" kebijaksanaan.
Sesudah berbelanja kebutuhan utama, bukan berarti anda tidak bisa melihat-lihat. Skedar melihat new product, biG sale dll. Tapi, ingat! jangan copot kacamata kebijaksanaan anda. Cermati harga akhir dari uang yg harus anda keluarkan jika anda mendapatkn penawaran diskon. Dan sebelum anda memutuskan membeli, pastikan apakah ini hasrat atau kebutuhan? Ya, lagi-lagi anda harus pandai mengenali apakah ini "hasrat" membeli atau "kebutuhan" membeli? :). Jk memang anda harus mmbeli sesuatu, tntunya anda memiliki alasan yang anda sudah pikirkan masak-masak dan pertanggung jawabkn dikemudian hari dan tidak menyalahkn diri sendiri sehingga tidak ad lagi barang sia-sia tergeletak dirumah. Klo pun memang anda harus mmbeli barang "dadakan" itu, anda prlu menyiapkn dana khusus untuk itu yg tentunya tidak boleh "memakan" dana kebutuhan lain yg lebih penting. Anda bisa masukkan ke p0in persiapan sebelum brbelanja. Atau bisa anda hilangkn jika anda benar2 tdk mginginkannya. Jika ingin lebih brhemat, anda perlu menekan biaya tersebut seminim mungkin jika memang tidak bisa dikatakan enol.

Dengan lebih cerdas, bijak dan penuh kesadaran memenej dan mengendalikan hasrat blnja anda, insyallah- anda bisa lebih menghemat anggaran belanja bulanan anda bkn?
Ok,Selamat brbelanja. Catat tips2 diatas, laksanakan, &lihat hasilny. Semoga bermanfaat:).

Baca juga yang satu ini: tips mengatur keuangan

                    Ikutan Promo  Grosir Gamis


No comments: