Sunday, August 31, 2008

Tips sehat Menu Sahur

  1. Cukup karbohidrat dan protein, baik protein nabati maupun hewani
  2. Jangan terlalu sering menyajikan panganan olahan karena makanan tersebut lebih lama dicerna oleh tubuh daripada makanan alami sehingga memboroskan banyak energi dan membuat tidak cukup banyak sisa makanan yang bisa disimpan di glikogen. Jika ingin mencari segi praktis, pakai saja metoda menu makanan sunda. Cukup nasi hangat, tempe tahu goreng, sambal , lalapan dan pepes ikan. :) .
  3. Jika ingin lebih praktis lagi, siapkan saja menu lauk kering sperti kering kentang, kering tempe, empal dsb. Ingin Praktis??,tapi tetap mengutamakan nilai gizi ya.
  4. Hindari makanan yang berlemak, gorengan atau berkuah santan. Makanan tersebut akan berat dicerna oleh tubuh dan menyebabkantubuh lebih banyak mengeluarkan cairan
  5. Perbanyak minum air putih sesudah berbuka puasa sampai dengan menjelang sahur.
  6. Hindari makan makanan yang manis karena akan membuat cepat lapar nantinya. Makanan manis, memang cocok untuk memberi energi cepat. Tetapi untuk jangka panjang, pilihlah makanan yang berserat.
  7. Jangan lupa minum susu.
  8. Sayur dan buah-buahan juga jangan ketinggalan, agar kita lebih fresh dan memiliki daya tahan tubuh. Untuk buah, bisa di jus atau sebagai buah potongan, Untuk sayuran, disajikan sebagai lalapan untuk sayuran atau di buat sayur berkuah

Selamat Berpuasa … :)

(dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi)

2 comments:

@n9in said...

ihihihi.yg ini bagus jugak (semua bgs).izin co-pas lg ya.ilmu hrs disebarin,iya nggak?

Fajar Herdian Akhzan said...

Bagus informasinya.
Makasih.. :)