Friday, July 25, 2008

Tips Menghafal

1. Yakin dan PD bhwa kamu bisa mghafal
2. Berdoa sblum mghafal. Minimal baca bismillah bagi yang muslim.
3. Senangi
4. Hayati
5. Taruh sedikit emosi
6. Ulangi
7. Pelajari lebih dalam
8. Ulangi
9. Mulai tambah hafal,Jadi tambah senang
10. Karena senang,Akhir mengulang-ulang
11. Mengulang kembali dengan senang ....:)
12. Selamat anda telah menghafal!

Penjelasan:
Kenapa yah kalo pelajaran hafal menghafal bgitu menyusahkn? Padahal kalau disuruh menyanyikan lagu terbaru dari penyanyi si 'A' koq yah mudah meluncur begitu saja?

Ternyata.... andaikan, kalau, semisal, umpama, andaikata jika saja qt menerapkn tips awal diatas, insyaallah sukses.

1. Yakin mgandung sebuah kekuatan. Kyaqinan kita bukan semata karena usaha qt. Tp jg krn pertolongan sang maha pencipta. Tetapi, yakin bahwa sang maha pencipta akn menolong qt sja tdk lah cukup jika tdk diimbangi usaha manusia. Nah itulah fungsi yaqin dan berdo di point 1 dan 2. Nah p0int slajutnya adlah Senangi. Knp? Krn kalo qt myenangi sesuatu qt akn lebih mudah "tahan" alias konsentrasi +menaruh perhatian lebih yang merupakn awal dari konsentrasi.
Yang slanjutnya adalah Hayati. Knp menghayati? Krn tanpa penghayatan qt tidak akan membuat sesuatu itu "hidup" di hati kita ,dimana hati yg akan mempengaruhi emosi/jiwa kita.
Setelah menghayati, ayuk qt taruh sedikit emosi didalamny. Eitz.. ini bkn untuk mngajak brantem lho. Menaruh emosi disini maksudnya qt menaruh unsur perasaan pada sesuatu yg hendak qt hafalkn itu. Bisa emosi senang, gmbira, sdih atau takut. Km tau kan kalo kmu mgalami sesuatu yg sngat gmbira, mydihkan atau menakutkn tidak pernah terlupa? Intinya mberi kesan tidak trlupa di hati kita. Bgusnya sih em0si kgmbiraan, shg mnambh kekuatan poin n0.3
SETELAH Itu Ulangi. Dengan mengulang2 maka ingatan itu akan tersimpan secara kamu tidak sadari.
Tahap slanjutnya Pelajari materi lebih dalam. Nah ini akan membuat ingatan kita menyimpan "dgn ksdaran pemahaman" yang tinggi, yg akan semakin memantapkn hafalan.
6-12. Ulangi lagi sampai kamu merasa senang. 50% hafal, kamu tambah PD. membuat kamu tambah yaqin. Perasaan yaqin,tenan&bersyukur mbuat kamu lebih mudah "menerima" ilmu baru.

SeLaMat Menghafal yach.:) Yaqin deh kamu bisa. good luck.

No comments: