Friday, May 6, 2011

Tips Memulai Bisnis

Siapa sih orang yang tidak mau punya penghasilan tambahan ? Atau membangun bisnis dan usaha nya sendiri? Apalagi ditengah sempitnya lapangan pekerjaan dan fenomena untuk bisa menjadi bos bagi diri sendiri, Saya yakin anda pasti mau. Namun ada kalanya banyak orang maju mundur untuk segera merealisasikan impiannya. Banyak hal yang mempengaruhi, bisa karena trauma kegagalan masa lampau, bisa karena terlalu banyak perhitungan dan analisa ataupun terpenjara dalam ketakutan-ketakutan yang dibuat sendiri.

Untuk bisa memulai bisnis, memang tidak harus bermodal besar. Dengan sedikit kejelian, kreativitas kita bisa memulai mimpi dan cita-cita kita.

Hobi.
Awali semua dari hobi anda. Kenapa? karena dengan hobi itu, anda bisa terus menikmati proses perjalanan usaha ,yang memang tidak bisa dikatakan selalu mulus. Bisnis yang berawal dari hobi dapat membuat kita terus tetap fokus dan maju terus dalam menjalankan dan mengembangkan usaha. Dikarenakan faktor hobi itu penting, maka gali terus minat dan hobi anda sambil melihat peluang pasar. Mengembangkan sebuah usaha yang sesuai dengan dunia kita sungguh menyenangkan.:)

Ilmu dasar
Semua pasti setuju dong, jika segala sesuatu dijalankan dengan ilmu. Tanpa ilmu , atau bekal yang cukup, kita tidak akan dapat mampu menjalankan usaha dengan maksimal. Namun , ilmu disini sifatnya relatif. Anda tidak harus menjadi seorang profesor dibidang bisnis atau harus menguasai semua ilmu ,baru memulai usaha. Sambil memulai usaha, kita bisa terus mengembangkan ilmu kita.

Relasi dan jaringan
Silaturahmi , menambah rejeki. Bagaimana kita bisa menjual produk dan jasa kita , jika tidak ada orang yang mengenal produk dan jasa kita?.:) Maka, perbanyaklah jaringan dan relasi anda.

Teknologi
Pengetahuan teknologi mutlak diperlukan saat ini. Di era globalisasi, ketika kita bisa saling mengenal orang lewat "ujung jari" , maka menguasai tools teknologi jangan sampai diabaikan. Teknologi informasi yang berkembang saat ini bisa membantu kita dalam menjalankan usaha. Beragam usaha bisa anda promosikan lewat web ataupun blog, seperti busana muslimah online dan toko jas hujan ini.

Anda tidak memiliki produk, namun memiliki keahlian dan jasa yang berguna bagi orang lain?. Selain produk, anda juga bisa menawarkan beragam jasa atau keahlian yang anda miliki. Salah satu contoh adalah jasa di bidang kesehatan, terapi bekam, atau di bidang properti jual beli rumah online. Ya, saat ini, banyak orang yang tidak harus punya toko offline, namun sukses menjual produk dan jasanya secara online.

Terakhir, setelah beberapa perbekalan usaha telah anda miliki, kini saatnya menentukan strategi usaha anda. Jangan lupa dengan terus ikuti ragam tips di blog ini!.

Selamat berjuang!

No comments: