Saturday, September 5, 2009

Tips Hemat Ramadhan

Ibu Anna pusing, koq bulan ramadhan yang katanya bulan puasa, koq pengeluarannya tetap saja banyak ya??

Hmm..., seharusnya kan kita bisa lebih banyak berhemat. Tapi koq sama saja dengan hari-hari biasa ya ..., bahkan pengeluarannya lebih banyak.

Itulah sedikit kasus yang dialami oleh ibu Anna. Seorang ibu rumah tangga dengan penghasilan suaminya yang tidak bisa dibilang terlalu berlebih.
Awalnya bu Anna ingin agar di bulan ramadhan dia bisa lebih banyak menabung.

Coba deh di lihat lagi, kebiasaan baru apa yang berubah.

O .., rupanya, pengeluarannya tersedot ke belanja makanan buka puasa yang terlalu berlebihan ditambah kalo dia ternyata tak mau sedikit mengeluarkan keringat, dia biasa naik becak selama ramadhan ini. Padahal dulu biasanya dia jalan kaki jika hanya keujung jalan tersebut, jarak yang tidak terlampau jauh. Lho..., kalo dalam 30 hari selalu naik becak , maka akan menambah pengeluaran yang semestinya tidak perlu dong?. Yah ..sekali-kali bolehlah naik becak, tapi jangan terlalu sering ya bu. Jalan itu kan sehat ya??sekalian olahraga + syukur-syukur bisa diet -hehehe:). Bu Ana akhirnya sekarang tersadar..

Oke,kalau begitu ini deh ringkasan tips praktisnya :

1. Menu hidangan berbuka puasa dibuat secukupnya saja.
Kalo terlalu berlebihan, bisa menyebabkan "kanker" , yaitu kebanyakan makan membuat banyak penyakit dan tentu saja membuat kantong kering...bukan,?:)
2. Jangan terlalu memanjakan diri
Sedikit mengeluarkan keringat ketika berpuasa itu bagus buat siapa yang ingin menurukan berat bada. Tuuh .., hemat yang bikin sehat kan? Tapi, juga jangan terlalu memaksakan diri ya.
3. Bersedekah
Kalo yang ini nih gak usah dihemat-hemat:) ya. Banyak sedekah justru akan menambah tabungan kita ,didunia dan akhirat insyaallah. well, Jika belum nampak didunia, insyAllah di akhirat kelak, dengan syarat harus ikhlas ya.

Selamat ramadhan

No comments: