Friday, December 5, 2008

Tips Mengenal Jenis-jenis Asam (Tips info bahan makanan I )


Asam kandis asam gelugur
Ketiga asam beriang-riang
Menangis badan dipintu kubur,
Teringat badan tidak sembahyang.

Tidak, tidak. Saya tidak sedang akan berpantun ria:). Tapi memang postingan kali ini ada hubungannya dengan Asam.
Siapa yang tidak mengenal asam? Semua pasti sudah kenal. Setidaknya sering mendengar kata itu;). Bahan makanan yang banyak dipakai di dapur Indonesia ini tentunya sudah tidak asing ditelinga maupun lidah anda.
Tetapi, sejauh mana kita mengenal tentang bahan makanan tersebut? Bahan makanan yang memang sering digunakan didapur Indonesia, untuk memberikan rasa asam pada masakan. Ingin tahu lanjutannya, …. Silahkan teruskan bacaannya.
Berikut saya akan perkenalkan anda dengan ketiga asam ini, mereka adalah : Asgur, Aswa, dan Askandis. *Lho ?! memang ada nama asam itu ?* Ya, tentu saja anda tidak akan menemukannya di literature. Hehe itu adalah singkatan yang saya buat sendiri. Terbersit saja ketika menuliskan postingan ini. Bai
klah, untuk tidak berlama-lama , mari kita berkenalan dengan sahabat masakan Indonesia!;) .
  1. ASAM GELUGUR
Diproses dari sejenis jeruk keprok berwarna hijau yang kulit buahnya bergelombang. Jeruk ini diiris melintang tipis dan dijemur hingga kering, berwarna cokelat muda, yang semakin lama menjadi semakin hitam. Banyak dipakai di dapur Sumatera. Aroma asamnya segar, tidak membuat masakan menjadi keruh.
Tips : Simpan asam gelugur dalam stoples, taruh ditempat gelap atau dalam kulkas agar tidak mudah berjamur dan menjaga aroma tetap segar
  1. ASAM JAWA
Adalah jenis asam yang paling umum dipakai dalam upaboga Indonesia. Diambil dari daging buah pohon asam yang tua. Air asam jawa membuat warna masakan menjadi keruh. Dijual dalam bentuk bubur yang sudah dipadatkan dengan atau tanpa biji, namun terkadang dijual juga dalam bentuk utuh segar.
Tips mendapatkan air asam jawa yang bagus : rendam 1 sendok makan asam jawa dalam 3 sendok makan air panas, diamkan hingga air menjadi dingin. Remas-remas asam jawa, saring. Air asam jawa inilah yang dipakai untuk masakan.
  1. ASAM KANDIS
Mempunyai cita rasa asam yang pahit. Sering dipakai sebagai pengganti asam Jawa. Asam kandis diproses dari kulit buah berbentuk mirip jeruk limau dengan kulit buah yang tipis, yang dikeringkan hingga berwarna kehitaman.
Tips : Agar asam kandis tidak berjamur, taruh dalam wadah tertutup dan simpan dalam kulkas.
Pemakaian : rebus 1 -2 potong asam kandis bersama bumbu dan bahan lain, tiriskan asam kandis jika akan digunakan.
Quiz :
  1. Siapa nama panjang Asgur ?
  2. Siapa nama panjang Aswa ?
  3. Siapa nama panjang Askandis ?

Selamat menjawab *..eh memasak* ya Bu…..,;)!

      
Lihat Koleksi Grosir Gamis Muslimah yuk!

1 comment:

Anonymous said...

yuu.. ikutan IBSN Blog Award di cantigi.. ^_^