Monday, November 24, 2008

Tips Berekreasi di Musim Hujan

Musim hujan datang, tumbuh-tumbuhan menyambut riang. Apakah riangnya pepohonan, dedaunan dan tumbuh-tumbuhan seriang anda menyambut sang hujan kala ia datang? ;)hmm... jawabannya ada didalam hati anda.

Entah, apakah anda menyukai hujan atau tidak, yang jelas tanpa adanya air dari langit itu maka niscaya kehidupan dibumi ini akan sangat memprihatinkan, bahkan tidak ada kehidupan!. Ya, karena air adalah sumber kehidupan. Orang bisa tahan hidup beberapa minggu tanpa makan. Tapi, tanpa air beberapa hari saja, maka ............. (..???)

Jadi, sambutlah hujan dengan riang.:)

Tentang rekreasi di musim hujan.

Dengan hujan yang datang berharap tentunya tidak akan menghalangi aktivitas kita bukan?? Termasuk aktivitas berekreasi bersama keluarga. Namun, ditengah cuaca hujan, rekreasi seperti apakah yang bisa kita jadikan pilihan agar anggota keluarga kita tetap aman, nyaman dan sehat?.

Rekreasi memiliki fungsi untuk me-relax kan tubuh, pikiran dan jiwa kita. Rekreasi bersama anggota keluarga, menghabiskan waktu bersama mereka tentu menjadi hal yang menyenangkan. Namun, tak jarang kita kecewa ketika tiba-tiba hujan turun dan mengganggu aktivitas rekreasi kita. Akankah kita tetap bersantai dibawah hujan sambil memakan roti isi?? Ataukah bermain bola sambil hujan-hujanan. Sebaiknya jangan, karena tidak baik untuk kesehatan.

Agar bisa tetap berekreasi bersama keluarga walau ditengah hujan, sebaiknya kita memilih rekreasi aktivitas indoor seperti :
1. Ke Toko Buku,
Disana kita bisa menambah khasanah wawasan keilmuan dan diskusi tentang buku yang menarik bersama anggota keluarga
2 Ke Planetarium,
Selain menambah wawasan itu juga mendekatkan kita pada sang Pencipta alam ini
3. Ke Musium,
Mengajak kita mengetahui kejadian dimasa lalu sebagai sumber pelajaran untuk waktu yang akan datang.
4. ............... (any idea??) ^_^

Sebelum mengajak anggota keluarga kesana, pastikan bahwa mereka- anggota keluarga kita- memiliki antusias dan minat yang sama untuk pergi kesana. So, rapat dan dengar pendapat tetap didahulukan.;) hehe

Bosan dengan aktivitas indoor??Rindu akan suasana alam?? Well, untuk mengurangi resiko cuaca diluar, ada baiknya anda membuat persiapan dan perkiraan. Jika anda hobi berkemah, kenapa tidak membuat kemah-kemahan di depan atau taman belakang rumah anda?? Mungkin anda memiliki halamah rumah yang luas dengan kebun-kebun yang indah. Suasana itu juga tidak jauh beda dengan suasana alam pada umumnya bukan??

Setidaknya jika hujan yang turun begitu deras, anda bisa masuk kedalam rumah anda sendiri. Atau jika anda ingin merasakan rintikan hujan diatas tenda/ kemah anda, maka pastikan kemah/ tendanya tidak bocor:). Hmm......, jangan lupa siapkan pula secangkir teh / kopi susu hangat. Can you imagine how great it is??

Well, anak-anak juga bisa diajak ikut serta. Dengan berkemah didekat halaman rumah sendiri, maka akan mengurangi resiko-resiko yang tidak diinginkan. Intinya kita membuat suasana beda. Nah, jika pagi harinya cuaca cerah, kenapa tidak mengadakan masak bersama seluruh anggota keluarga? Ayah, ibu , kakak dan adik semua turun dapur. Bagaimana kalau memasaknya diteras depan atau belakang rumah?. Jadikanlah suasana hari itu beda. Setelah itu kemudian dilanjutkan makan bersama. Indahnya, sebuah kebersamaan bersama keluarga yang menyenangkan, bukan?

Oh ... iya, jika memang anda tidak memiliki halaman luas, ada baiknya jika memutuskan memilih berekreasi ditaman terbuka, pilihlah tempat yang memiliki saung-saungan. Atau jika anda memang "niat" berekreasi, siapkan saja tenda :). Siapa tahu nanti anda tidak kebagian saung-saungan? NAmun jika hujan nya deras, that's your problem.;) Ok, are you ready for recreation??

Well..., musim hujan memang telah datang. Berharap setiap keluarga, tetap dapat menghabiskan seluruh kebersamaan bersama anggota keluarga dengan riang. Selamat berekreasi :)


No comments: